Monday, August 24, 2009

ras ras ras...

di negara kita ini banyak banget orang keturunan, sepertinya didominasi oleh cina- terus mungkin arab- terus negara2 barat- terus india kali ya - dst dst.

yang pengen sy tulisin disini bukan tentang hal-perihal ras tertentu, tp suara hati saya: bahwa sy PALING NGGAK SUKA kalo ada seseorang dengan keturunan tertentu, dan merasa "bangga" atau bahkan "lebih" dari ras lain. (note bahwa bangga-nya diberi kutip). dan note juga: ngga semua orang-keturunan berpemikiran seperti itu, tulisan ini ditujukan untuk segelintir orang yang ngerasa.

catatan; sy sendiri keturunan arab, tp sy tegaskan kalo dalam tulisan ini sy bukan menujuk pada komunitas sy sendiri, melainkan segelintir orang -keturunan- yang merasa dirinya better dari yang -tanpa keturunan-.

apa sih yang di 'bangga'kan?? bangga disini bukan berarti bangga akan garis keluarganya (which is fine), tp bangga yang dibesar-besarkan, yang lebih berkesan ke-SOMBONG. yap, mungkin "sombong" sedikit lebih tepat. hmh, memangnya kenapa sih, kalo kamu keturunan arab? cina? amerika? india? jepang? zimbabwe? prancis? dubai? rusia? bla bla bla? apa kelebihannya?????

kenapa musti merendahkan ras lain? eneg banget rasanya saya kalo denger seseorang yang berucap; walaupun cuma terselip--seperti "emang orang-orang ******* mah ngga ada yg bener!" atau "dasar *****!". apa kalian yang berkata seperti itu udah ngaca? udah merenung? udah bener-bener yakin kalo anda MEMANG LEBIH BAIK dari mereka??!!

dan harusnya, coba telaah lagi, berdiri di negara siapakah anda? yang pasti kan adalah sebuah negara yang punya nama dan punya ras sendiri, misalnya negara kita ini, INDONESIA. bukan negara KETURUNAN kan!! hargain dong! kalo kalian menyombongkan negara keturunan kalian, coba ditelusuri sejarahnya, siapa yang pendatang pada asal mulanya?

heran. pada disekolahin tinggi-tinggi ko mulutnya pada bodoh. bisanya cuma menghina dan merendahkan orang yang bukan 'golongan'nya. apa sih yang (lebih) istimewa dari keturunan kalian?

dengan seenaknya kalian menuduh masyarakat ras A bodoh2, masyarakat ras B pada percaya takhayul, masyarakat ras C pelit, coba tolong disadari bahwa di dalam ras-keturunan anda pun begitu; ada yang bodoh ada yang pintar; ada yang dermawan ada yang pelit, ada yang rasional ada yang percaya penuh dunia gaib, dsb dsb.

huh! sombong kalian! coba tolong berkaca dan berpikir sebelum berucap!

Allah SWT aja ngga membeda2kan hambanya berdasarkan siapa keturunan apa. apa yg membuat kalian merasa berhak untuk membeda2kan????!!

2 comments:

the journey said...

setujuuuu...

Anonymous said...

Itu namanya stereotipe.
Well, menyebalkan memang jika kita bertemu dgn org2 yg seperti itu pas momennya jg ga tepat. Tapi jujur aja coba flashback pada diri kita sendiri terkadang sifat itu suka muncul dimana ketika melihat sesuatu hal atau apapun itu, terceletuklah dari hati kita atau bibir kita tentang prasangka atau praduga-praduga yg belum tentu ada benarnya juga akan hal tersebut.
Miris yah?!
So, cuma 1 hal aja agar kita terhindar dari virus stereotipe itu, yaitu dengan haus akan wawasan dan ilmu.
Good luck! ;)

http://www.facebook.com/violetbutterflysuncity